17.3.09

Dilema Wanita Karier


Berikut ini sejumlah situasi yang kerap terjadi di tempat kerja, sekaligus tips mengatasinya.


* Jam Kerja Ketat
Anda memerlukan jam kerja fleksibel agar dapat merawat anak-anak bila mereka sakit, tetapi atasan sangat kaku dan menuntut Anda harus tetap berada di kantor pada saat jam kerja. Anda perlu mengantisipasi apa yang akan dilakukan bila anak sakit karena hal ini pasti bakal terjadi.Tentukan batasan-batasan, kapan akan tinggal di rumah dan kapan merasa cukup nyaman ke kantor, meninggalkan anak dengan pengasuhnya. Misalnya bila anak demam atau panas tinggi, Anda tidak akan ke kantor, sementara jika si kecil hanya sakit perut biasa, Anda tetap ke kantor sambil terus memantau perkembangannya. Perjelas dari awal dengan atasan mengenai kebutuhan Anda bila sewaktu-waktu harus izin karena tidak ada yang menjaga anak.

* Merasa Bersalah
Anda menyukai pekerjaan yang kini ditekuni dan ingin mengabdikan diri pada pekerjaan tapi merasa bersalah karena tidak dapat memberikan perhatian penuh pada anak-anak. Cobalah untuk mencari jalan keluar dengan atasan mengenai jam kerja Anda. Siapa tahu Anda dapat bekerja tiga atau empat hari dalam seminggu sampai mendapatkan keseimbangan dalam pekerjaan dan rumah tangga sehingga Anda sungguh-sungguh merasa nyaman melakukannya.


* Tak Mendapatkan Promosi
Renungkan, apakah cukup adil bila Anda tidak dipromosikan? Masalahnya, kadang-kadang tidak dipromosikan merupakan hal yang masuk akal. Bila merasa telah diperlakukan tidak adil, buktikan dan cari waktu yang tepat untuk membicarakannya dengan atasan dan apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki diri di masa mendatang.

* Mengatasi Konflik
Bila ada rekan sekerja yang memiliki karakter aneh, hindari bertengkar dengannya. Ikuti pepatah kuno, "Perlakukanlah orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan". Atasan akan menghargai kedewasaan dan sikap Anda yang tidak meladeni rekan sekerja yang bersikap aneh.

* Tak Cocok dengan Atasan
Jika atasan berkarakter aneh, mulailah berpikir untuk pindah kerja. Sangat sulit bila konflik yang Anda hadapi justru dengan atasan. Bila merasa nyaman untuk membicarakan permasalahan yang ada dengan atasan, boleh saja Anda coba. Bila tidak ada harapan, minta pada atasan untuk memindahkan Anda ke departemen lain.(sumber tulisan : nova.com)