17.3.09

Awet Muda dengan Vitamin


Siapa, sih, yang tak ingin awet muda? Semua orang, tak terkecuali Anda, pasti ingin tampil segar sepanjang masa Namun, kita tak bisa mengindar dari zat radikal bebas. 

Tenang, efek destruktif yang disebabkan radikal bebas dalam tubuh tersebut dapat diperlambat dengan bantuan antioksidan. Vitamin C, A, dan E adalah antioksidan yang manjur menangkal efek buruk radikal bebas.

Vitamin C
Vitamin C banyak terdapat dalam buah-buahan dan sayuran, antara lain jeruk, mangga, jambu biji, pepaya, tomat, bayam, kentang, labu, dan cabai. Namun, tidak sedikit dari kita yang enggan mengonsumsinya dengan berbagai alasan, terutama bagi mereka yang tak terbiasa makan buah-buahan atau sayuran.

Tak ada salahnya mulai sekarang Anda mengonsumsi buah atau sayuran yang mengandung vitamin C. Asupan vitamin C setiap hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sehingga tahan terhadap infeksi. Sediakan buah-buahan di meja makan setiap hari untuk keluarga.

Vitamin A dan beta karoten
Vitamin A terbagi menjadi dalam dua bentuk, yaitu sebagai beta karoten dan retinol. Sebagai beta karoten, vitamin A banyak terdapat dalam sayuran dan buah-buahan berikut :

1. Buah-buahan berkulit kuning gelap, seperti mangga, pepaya, peach, dan aprikot
2. Sayuran berwarna kuning atau jingga, seperti wortel dan labu
3. Sayuran berwarna hijau gelap, seperti bayam, brokoli, kacang polong, dan asparagus

Sedangkan sebagai retinol, vitamin A terdapat dalam produk hewani, antara lain minyak ikan, hati, kuning telur, susu full cream, daging, dan ikan. Kedua bentuk vitamin A ini sama-sama memiliki daya antioksidan kuat yang dapat melindungi tubuh dari penuaan dini. Bila Anda mengkonsumsi vitamin A tambahan, perhatikan dosisnya agar tidak mengalami kelebihan vitamin A (hypervitaminosis).

Vitamin E
Vitamin E memegang peranan penting dalam metabolisme setiap sel tubuh dan merupakan salah satu antioksidan terpenting dalam tubuh manusia. Sumber terbaik vitamin E antara lain kacang-kacangan, alpukat, margarin, ikan salmon, telur yang diperkaya omega-3, sayuran berwarna gelap, dan minyak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti minyak zaitun, minyak jagung dan minyak bunga matahari.

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin atau suplemen vitamin E dapat melindungi Anda dari serangan berbagai penyakit degeneratif yang disebabkan oleh radikal bebas yang merusak jaringan tubuh. Bila merasa kurang mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E atau sedang menjalani diet, sebagai gantinya Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin E yang dapat dibeli di toko obat.

Nah, dengan mengonsumsi ketiga vitamin di atas, tak hanya terlihat awet muda, kualitas hidup Anda pun akan meningkat. (novaonline)