16.3.09

Tips Memilih Bedak


Bedak, hampir tak pernah absen dalam setiap tas jinjing wanita. Sapuan bedak bisa membuat wanita merasa lebih percaya diri. Namun sayangnya, banyak wanita yang masih belum paham memilih bedak yang cocok untuk kulitnya.

Tak sedikit wanita memilih warna bedak jauh lebih terang dari warna kulit, dengan harapan bisa terlihat lebih putih. Padahal, hal itu justru membuat tampilan wajah seperti memakai topeng. Sebaiknya, pilihlah warna bedak semirip mungkin dengan warna kulit Anda. Karena, fungsi bedak bukan untuk memutihkan, melainkan membuat kulit terlihat lebih segar dan berseri.

Anda yang berkulit kuning langsat ataupun sawo matang, sebaiknya memilih bedak dengan nuansa warna kuning atau kecoklatan. Bedak warna putih atau pink hanya cocok bila kulit Anda benar-benar putih terang. Bila bingung menentukan warna, lebih aman memilih bedak dengan warna transparan atau translucent powder yang cocok dengan semua warna kulit.

Selain pemilihan warna, kesalahan umum para pengguna bedak adalah ketidaksesuaian bedak dengan jenis kulit. Perhatikan jenis kulit Anda.

Jika kulit Anda cenderung berminyak, gunakan bedak yang mengandung bahan penyerap minyak agar wajah tidak semakin mengkilap. Bedak memang peranti utama yang akan menolong Anda, tetapi jangan sembarang dibubuhkan pada wajah, terutama jika produksi minyak di wajah sedang berlebihan. Memaksakan diri hanya akan membuat pengaplikasia bedak jadi tidak maksimal, hasilnya, wajah terlihat belepotan. Hapuskan dulu minyak di wajah dengan kertas serap minyak atau tisu, barulah berbedak.

Wanita berkulit normal dan cenderung kering, gunakan bedak yang mengandung pelembab agar tidak menggumpal pada kulit wajah sehingga wajah pun nampak halus mulus. Moisturizer juga diperlukan supaya garis wajah dan pecah-pecah karena kulit yang kering tidak terjadi. (sm)