16.3.09

Mengatasi Noda Hitam di Ketiak


Luka-luka kecil atau iritasi yang timbul saat sedang mencukur rambut ketiak, bisa mengakibatkan pori-pori kulit membesar, dan membuat bakteri dan kotoran masuk. Akibatnya, timbul noda kehitaman di bagian kulit tersembunyi itu. Demikian pula, penggunaan doedoran yang tidak tepat bisa semakin memperparah noda.

Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan perawatan rutin. Berikut panduannya:

1. Sebelum mencukur bulu ketiak, pastikan kondisi pisau cukur bersih dan tajam. Bila perlu, gunakan shaving cream untuk mempermudah proses pencukuran. Biasakan mencukur dengan satu arah untuk menghindari luka atau iritasi.

2. Untuk menghilangkan noda hitam, Anda bisa men-scrub kulit ketiak secara perlahan. Tapi jika kulit terasa perih, sebaiknya hentikan. Yoghurt tanpa rasa juga bisa Anda aplikasikan agar sel kulit mati terangkat.

3. Oleskan sari buah lemon yang dicampur parutan ketimun dan kunyit. Diamkan selama 20 menit. Setelah itu, cucilah dengan air hangat.

4. Alternatif lain, rendam tawas dalam air hangat, oleskan tipis-tipis di area ketiak yang menghitam. Tawas bisa menghilangkan aroma tak sedap pada ketiak, menggantikan deodoran yang terkadang menngandung bahan kimia yang tak bisa ditoleransi kulit. (sm)